Sabtu, 16 Oktober 2010

tugas makalah ilmu budaya dasar

TUGAS MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR


PERAN BUDAYA DAERAH MEMPERKOKOH KETAHANAN BUDAYA NASIONAL








PENYUSUN

NAMA : SOPYAN.HAKIM
KELAS : 1EB17
NPM : 26210660




UNIVERSITAS GUNADARMA




Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah

Peran budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional

Dateline makalah : 16 Oktober 2010
Tanggal penyerahan atau Upload makalah : 16 Oktober 2010

Pernyataan

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim/pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.


PENYUSUN
NPM NAMA LENGKAP TANDA TANGAN
26210660 SOPYAN.HAKIM






PROGRAM SARJANA EKONOMI AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA




KATA PENGANTAR
Segala puji kepada ALLAH S.W.T Berkat limpahan dan rahmat-Nya penyusun mampu menyelesaikan tugas makalah ini.

Dalam makalah ini penulis akan membahas Peran budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional
Penulisan makalah adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar.
Semoga makalah ini bermanfaat untuk memberikan kontribusi kepada mahasiswa Dan tentunya makalah ini masih sangat jauh dari sempurna. Untuk itu penulis minta masukannya demi perbaikan pembuatan makalah di masa yang akan datang









DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………..…3
DAFTAR ISI………………………………………………………………………4
BAB.1. PENDAHULUAN
1.Latar Belakang……………………………………………………………………5
2.Tujuan……………………………………………………………………………5
3.Sasaran……………………………………………………………………………6
BAB.2.PERMASALAHAN
1.Kekuatan Peranan Budaya daerah………………………………………………7
2.Kelemahan Peranan Budaya daerah…………………………………………….8
3.Kesempatan Peranan Budaya daerah……………………………………………9
4.tantangan/hambatan Peranan Budaya daerah……………………………………10
BAB.3.PENUTUP
1.Kesimpulan……………………………………………………………………11
2.Rekomendasi…………………………………………………………………11






1. Latar Belakang
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Budaya juga merupakan identitas bangsa yang harus dihormati dan dijaga dengan baik oleh para penerus bangsa. Budaya lokal Indonesia beranekaragam sesuai dengan potensi yang dimiliki Indonesia sebagai negara majemuk yang terdiri dari banyak pulau, suku, dan sumber daya lainnya.
Hal ini menjadi satu kebanggaan sekaligus suatu tantangan bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat mempertahankan budaya daerah yang ada di tengah banyaknya pengaruh budaya asing yang dapat merusak budaya daerah.


2. TUJUAN
Tujuan untuk mempelajari budaya daerah yaitu untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang budaya daerah yang dimiliki oleh suatu negara khususnya dinegara Indonesia ini yang dengan budaya daerah , kekuatan, kelemahan, peluang, serta tantangan yang dihadapi dalam mempertahankan peran budaya daerah yang harus kita rawat dan kita jaga..
Karena budaya daerah itu sangat penting untuk kita jaga dan kita rawat sbaik mungkin agar tidak dilupakan dan agar kebudayaan daerah itu bisa di ingat oleh anak cucu kita nanti.
Dan adapun tujuan lain dalam memperkokoh suatu ketahanan budaya bangsa Indonesia bagi masyarakat yaitu untuk menambah rasa kecintaan budaya tanah nenek moyang kita terhadap negara Indonesia ini.

3.SASARAN
Dalam pembuatan makalah ini saya sebagai penulis mengharapkan agar para pemuda Negara Indonesia bisa lebih menyadari bahwa sangat pentingnya suatu kebudayaan daerah. Karena kebudayaan daerah itu sangat berperan penting dalam memajukan dan mengembangkan suatu Negara.tapi banyak generasi pemuda yang melupakan kebudayaan daerah.sehingga banyak yang melupakan kebudayaan daerah.seperti Sebagaimana yang kita ketahui yang sekarang ini banyak kebudayaan Indonesia yang di klaim oleh Negara lain,untuk itu kita sebagai warga Negara yang baik harus tetap menjaga dan memelihara kebudayaan Indonesia agar tetap bisa di ingat oleh anak cucu kita.













BAB II
PERMASALAHAN
Analisis permasalahan peran budaya daerah memperkokoh ketahanan budaya nasional dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :

1.kekuatan (strength)
a)Keanekaragaman

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya daerah yang dapat dijadikan sebagai aset yang tidak dapat disamakan dengan budaya negara lain. Budaya yang dimiliki Indonesia berbeda-beda pada setiap daerah. Tiap daerah memiliki ciri khas budayanya, seperti rumah adat, pakaian adat, tarian, alat musik, ataupun yang dianut.
b) Luas wilayah.
Indonesia memiliki wilayah geografis yang sangat luas karena Indonesia merupakan satu kesatuan dari lima pulau besar (Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Irian Jaya). Lima pulau tersebut terbagi atas berbagai provinsi, kota hingga bagian yang paling sederhana. Setiap provinsi memiliki budaya yang berbeda-beda karena adanya perbedaan lingkungan alam, sosial dan budaya yang berbeda-beda.


c) Sumber daya manusia.
Selain memiliki wilayah yang sangat luas, Indonesia juga padat penduduknya terutama di Pulau Jawa. Kebudayaan merupakan hasil karya manusia.yang Hanya manusia yang memiliki pola pikir inovatif dan kreatif saja yang mampu menghasilkan keanekaragaman budaya.

d) Budaya daerah sebagai pembentuk bangsa
Budaya daerah sangat berperan dalam membentuk nilai moral bangsa .karena budaya daerah yang dapat dijadikan sebagai aset yang tidak dapat disamakan dengan budaya karena budaya daerah adalah budaya yang sangat penting dalam pembentukan bangsa, terutama Negara Indonesia .

2. Kelemahan (weakness)
a) Sumber daya manusia.
Indonesia banyak memiliki penduduk yang sangat padat. tetapi, belum tentu negara yang padat penduduknya mampu menjaga kebudayaan yang dimiliki negaranya dan mampu menciptakan budaya yang inovatif dan positif.
b) Semakin tergerusnya budaya daerah di indonesia oleh ekspansi budaya global sehingga semakin tidak apresiatif terhadap budaya lokal dan terasing dari budaya sendiri.budaya global sangat cepat menyingkirkan budaya daerah.
c) kurangnya kepedulian masyarakat terhadap kesenian dan kebudayaan daerah dari masyarakat dan pemerintah menjadi faktor utama dan kendala dalam pelestarian kebudayaan agar tidak di klaim oleh pihak asing, oleh karena itu kita harus mempertahankan budaya daerah .
d) Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga budaya daerah, bahkan sekarang ini masih terbilang minim. Sehingga banyak budaya yang di klaim oleh Negara-negara lain.karena tidak terpedulinya masyarakat terhadap budaya daerah. Banyak budaya daerah Indonesia yang di klaim.




3. Peluang (opportunity)
a) Negara Indonesia dihormati di dunia Internasional karena kekuatan budayanya yang sangat kental. Karena Indonesia Negara yang banyak mempunyai keanekaragaman budaya daerah yang bermacam-macam.

b) Budaya daerah Indonesia sering kali menarik perhatian para turis mancanegara. Ini dapat dijadikan seabagai objek wisata sehingga akan menghasilkan devisa bagi Negara dan bahkan bisa memperkenalkan budaya daerah kepada turis asing untuk mengetahui nya lebih dalam tentang budaya daerah.

c) Perkembangan seni dan sastra yang lebih maju menjadi sebuah peluang untuk memperlihatkan atau mempertunjukkan kebudayaan Indonesia melalui internet sehingga banyak masyarakat di dunia yang mengetahui budaya daerah Negara Indonesia.

d) Perkembangan IPTEK dapat dijadikan peluang bagi bangsa Indonesia untuk memperkenalkan seluruh budaya daerah Negara Indonesia yang unik kepada negara asing. Jika perkembangan IPTEK dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, kebudayaan dapat dijadikan sebagai media mengalirnya valuta asing ke dalam pendapatan pemerintah dengan cara mengiklankannya di internet yang tidak perlu mengeluarkan dana yang besar.





4. Tantangan/Hambatan (threasts)
a. Tidak semua anak Indonesia dapat menikmati pendidikan. Hal demikian terjadi karena masih banyak masyarakat Indonesia yang ekonominya sangat rendah sehingga banyak anak-anak yang kurang memahami kebudayaan daerah.
b. Pada umumnya, mayarakat Indonesia terbagi atas tiga status sosial (strata), seperti strata atas, strata menengah dan strata bawah. Hal demikian membuktikan bahwa tingkat pemerataan hasil pembangunan masih timpang. Keadaan yang demikian merupakan tantangan bagi pemerintah Indonesia untuk memeratakan hasil pembangunan sehingga dalam proses penyebaran informasi tentang budaya lokal dapat berjalan dengan lancar.
c. Masuknya budaya asing ke Indonesia akan menjadi suatu hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah agar budaya daerah tidak terlupakan karena masuk nya budaya asing ke Indonesia.
d. masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang mudah sekali terpengaruh oleh masuknya budaya-budaya lain.sehingga dapat mempengaruhi kebudayaan daerah. Hal ini harus di perhatikan.









BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1. KESIMPULAN
1) Kebudayaan daerah merupakan kesenian tradisional yang dimiliki oleh setiap daerah,maupun suku yang ada di Indonesia dan Negara manapun.
2) pemberian motivasi terhadap para pemuda untuk ikut dalam memperkokoh ketahanan bangsa melalui kebudayaan daerah.agar para pemuda jaman sekarang tidak melupakan kebudayaan daerah Negara Indonesia .
3) Begitu banyak hasil kesenian tradisional bangsa Indonesia yang berpeluang untuk memperkokoh ketahanan bangsa indonesia
4) Kebudayaan daerah yang dimiliki Indonesia merupakan sebuah aset mahal dan berharga nilainnya yang tak terhingga. Oleh karena itu kita harus menjaga dengan sebaik mungkin agar tidak di klaim oleh Negara lain.
2.Rekomendasi
a) Perlu adanya perhatian yang besar terhadap budaya daerah yang kita miliki agar budaya daerah tidak hilang dan tetap terpelihara sebagai identitas suatu daerah tertentu.
b) Melibatkan dewan kebudayaan dan lembaga-lembaga budaya dalam mengembangkan budaya daerah dan masyarakat agar tetap tidak melupakan budaya daerah.
c) Melestarikan budaya daerah dengan aktif melakukan kegiatan penyelenggaraan kebudayaan dalam rangka mengenalkan lebih dekat kepada masyarakat tentang budaya-budaya.derah Melibatkan dewan kebudayaan dan lembaga-lembaga budaya dalam mengembangkan budaya daerah
d) Mengusahakan agar semua orang mampu mengelola dan menjaga keanekaragaman budaya daerah agar tidak terlupakan oleh generasi muda sekarang.
Referensi : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar