Sabtu, 23 Oktober 2010

Tugas Pengantar Bisnis Modern

DISAIN DAN PERILAKU ORGANISASI

PENGERTIAN ORGANISASI
Apakah yang dimaksud organisasi
Menurut Boone dan kurtz, organisasi didefinisikan sebagai berikut :
Organisasi adalah suatu proses tersusun yang orang-orang nya berinteraksi untuk mencapai tujuan.

Organisasi Formal Dan Informal
Organisasi formal
Organisasi formal merupakan sistem tugas, hubungan wewenang, tanggung jawab, dan pertanggung jawaban yang di rancang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan.
Stuktur formal ini dibuat untuk meliputi pekerjaan yang harus di lakukan dan memberikan suatu kerangkabagi perilaku pekerjaan. Organisasi formal menawarkan bidang-bidang tetap (relatif) yang masing-masing orang bekerja pada bidang tanggung jawab nya sendiri.

Organisasi Informal
Organisasi Informal adalahsuatu jaringan hubungan pribadi dan sosial yang mungkin tidak dilakukan atas dasar hubungan wewenang formal.
Organisasi informal terjadi dalam suatu perusahaan karena ada nya interaksi manusia, dan orang akan selalu berinteraksi serta membentuk keakraban.
Komunikasi yang terjadi dalam organisai informal berjalan dengan cepat dari mulut ke mulut.sistem komunikasi ini di sebut sistem tanaman rambat. Informasi yang di smpaikan dapat berlebihan, kurang tepat, kurang percaya, atau dapat juga terpercaya.
Sentralisasi Vs Desentralisasi
Organisasi yang disentralisir
Sebuah perusahaan yang mengambil kebijakan menempatkan wewenang pengambilan keputusan utama dan pengendalian di tangan beberapa eksekutif puncak disebut organisasi manajemen yang disentralisir. Jadi organisasi manajemen yang disentralisir merupakan sebuah sistem yang wewenang serta pengaendaliaanyadipegang di suatu pusat, biasanya eksekutif puncak.
Organisasi yang didesentralisasi
Manajemen yang didesentralisasi merupakan suatu usaha sistematis untuk mendelegasikan kepada jenjang bawah semua wewenang kecuali yang harus dilaksanakan pada jenjang tertinggi.

STRUKTUR ORGANISASI DAN PENYUSUNANYA
Pembentukan Struktur Organisasi
Struktur organisasi formal didasarkan pada analisa dari tiga elemen kunci setiap organisasi yaitu :
1. Interaksi kemanusiaan
2. Kegiatan yang terarah ke tujuan
3. Struktur
Manajemen harus mengkoordinir kegiatan-kegiatan karyawan untuk mencapai tujuan organisasi.
*Hierarki tujuan
*Depermentlasi
*Wewenang dan tanggung jawab
*Menjamin komunikasi yang efektif
*Menghindari perrtumbuhan organisasi yang tidak perlu
Bentuk-bentuk Struktur Organisasi
Sebenar nya bentuk struktur organisasi ini bermacam-macam, tetapi pada poko nya ada empat yaitu : organisasi garis (line organization), organisasi garis dan staf (line and staf organization), organisasi fungsional (functional organization), komite(commite), dan organisasi matrik.
Organisasi garis
A. Kebaikan organisasi garis
*adanya kesatuan dalam pimpinan dan perintah
*pimpinan dapat lebih cepat dalam menganbil keputusan , sebab tidak perlu membicarakannya dengan orang lain.
* dan Lain-lain
B. keburukan organisasi garis
*sering terdapat birokrasi yang menghambat jalannya perusahaan
*kurang nya ker ja sama
*dan lain-lain
Organisasi Garis dan staf
A.kebaikan organisasi garis dan staf
*staf dapat mendidik para petugas
* pimpinan lebih leluasa dalam memberikan saran terhadap tugas khusus di luar bagiannya.
*dan lain-lan
B.keburukan organisasi garis dan staf
*dapat menimbulkan anggapan pada petugas untuk lebih percaya kepada staf dari pada atasannya
*staf dapat ikut disalahkan apabila saran yang diberikan tidak memperoleh hasil.
*dan lain-lain
Organisasi Fungsional
A.kebaikan organisasi fungsional
*masing=masing fungsi dapat dipegang oleh orang yang ahli dalam bidang nya, sehingga terdapat keserasian antar tugas dan keahliannya.
*tugas para manajer menjadi lebih ringan dengan ada nya pembagian fungsi.
*dan lain-lain
B.keburukan Organisasi Fungsional
* tidak ada hubungan garis secara langsung dengan atasan.
*kesulitan yang timbul tidak dapat secara cepat diatasi.
*kurang nya koordinasi sering menimbulkan perselisihan di antara para manajer.
*dan lain-lain
Organisasi Komite
A.kebaikan komite
*Menciptakan koordinasi yang lebih baik
*keputusan ditentukan bersama-sama sehinnga dapat memberikan hasil yang lebih baik.
*merupakansebuah forum untuk saling bertukar pendapat diantara beberapa anggota.
B.keburuka komite
*keharusan untuk berkompromi
*sering menimbulkan kesimpang siuran dalam organisasi
*dan lain-lain
Organisasi Matrik
A. Kebaikan matrik
*luwes
*memberikan alat inovasi tanpa mengganggu struktur organisasi yang ad.
*dan Lain-lain
B.keburukan matrik
*konflik dapat muncul antara manajer proyek dengan manajer bagian lain
*manajer proyek dapat menjumpai kesulitan dalam mengembangkan tim terpadu dari orang-orang yang berasal dari bagian yang berbeda.
*dan lain-lain

PERILAKU KEORGANISASIAN
Kelompok Kerja
Kelompok kerja yaitu merupakan sekumpulan karyawan yang secara bersama-sama mempunyai pekerjaan,serupa(umum) dan melihat diri mereka sebagai satu kelompok. Kelompok-kelompok tersebut akan tetap ada pada setiap peristiwa didalam organisasi karena mereka mengisi kebutuhan itu dapat berupa: 1. Kebutuhan berkomunikasi. 2.kebutuhan mempertahankan harga diri dan kepentingan ekonomi serta. 3.kebutuhan akan keamanan atau perlindungan.
Keanggotaan dalam berbagai kelompok akan bergantung pada banyak hal yaitu: 1. Keakraban satu sama lain.2.kepentingan bersama. 3. Pekerjaan seruap.4.persahabatan semua ini akan menjadi dasar untuk saling melengkapui bagi kelompok-kelompoknkerja.


Motivasi
Setiap orang pasti mempunyai motivasi sebagai alasan mengapa mereka berperilaku tertentu.dengan kata lain, motivasi meruapakan motif intern yang menybabkan orang berperilaku seperti yang mereka lakukan. Setiap orang dapat memiliki motif yang sangat nebeda untuk mengerjakan suatu yang sama.
Pekerjaan dan sikap jabatan
Oleh musselmah dan Jackson, kepuasan jabatan di pandang sebagai indicator yang bermanfaat bagi manejemen untuk menentukan apakah terdapat bidang-bidang masalah dalam angkatan kerja organisasi.kepuasan jabatan telah dikaitkan dengan perputaran dam absentiisme dalam angkatan kerja.moral merupakan sikap umum dari angkatan kerja dalam sebuah perusahaan terhadap jabatan mereka.sedangkan kepuasan jabatan merupakan istilah lain yang memberikan arti bayak tentang hal yang sama.
Kepemimpinan
Dalam perusahaan,kepemimpinan itu berkaitan dengan pengarahan kepada karyawan untuk melakukan pekerjaaan. Ini menjadi bagian penting dalam memahami perilaku kerja. Beberapa penelitian telah memperlihatakan bahwatidak ada “satu cara terbaik” untuk memimpin karyawan.ini bergantung pada pimpinannya,karyawan dan situasi yang ada.

REFERENSI:
PENGANTAR BISNIS MODERN
Oleh :
DR.BASU SWASTHA DH., SE ., MBA.
IBNU SUKOTJO W. SE.

NAMA : SOPYAN HAKIM
KELAS : 1EB17
NPM :26210660

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar