Minggu, 31 Oktober 2010

Tugas STUDENTSITE

STUDENTSITE
Studentsute adalah sebuah aplikasi yang ada di Universitas Gunadarma. Universitas . Di Universitas Gunadarma mahasiswa wajib mengaktifkan STUDENTSITE.karena STUDENSITE sebuah aplikasi yang wajib di gunakan mahasiswa Universitas Gundarma untuk mengetahui tentang semua informasi Universutas Gunadarma.
Mahasiswa
• Harus username
• Password untuk Log In ke STUDENTSITE
• Memerlukan yang namanya AKTIVASI.
Setelah AKTIVASI, kita akan bisa menggunakan STUDENTSITE
Layanan aplikasi STUDENTSITE terdapat Fitur-fitur ,yaitu:
• Home
• Kontak
• help
• Faq
Fitur-fitur Locker :
general menu, Jadwal Ujian,Rangkuman Nilai, Jadwal Kuliah, BAAK News ,Absens,iPendaftaran Lomba,Info tentang Seminar ,Tugas, Deposit Library,Warta Warga, Blog komunitas perbankan, Blog komunitas linux, Blog komunitas fotografi, Blog komunitas robotika,Blog komunitas arsitektur,Blog komunitas ekonomi syariah,danBlog komunitas pasar modal. Dan lain-lain

Selain itu ada pula menu-menu lain yang terdapat pada STUDENTSITE, antara lain :
• Email, Calendar, Addressbook, InfoLog, Filemanajer, Forum, Bookmarks, Polls, dan logout.
Sementara itu Kelebihan dari Aplikasi Studentsite :
• Dapat diakses dimana saja
• Dapat mengetahui tentang informasi Universitas Gunadarma.
• Mempermudah kita untuk mengumpulkan tugas
Dan Kekurangan dari Aplikasi Studentsite :
• Sering Eror untuk melakukan aktifasi dan log in.

Demikianlah tulisan ini saya buat, semoga bermanfaat bagi kita semua. Maaf bila ada salah-salah kata dalam penulisan ini .
Terima kasih

Nama : Sopyan Hakim
Kelas : 1EB17
Npm : 26210660

Tugass STUDENTSITE

STUDENTSITE
Studentsute adalah sebuah aplikasi yang ada di Universitas Gunadarma. Universitas . Di Universitas Gunadarma mahasiswa wajib mengaktifkan STUDENTSITE.karena STUDENSITE sebuah aplikasi yang wajib di gunakan mahasiswa Universitas Gundarma untuk mengetahui tentang semua informasi Universutas Gunadarma.
Mahasiswa
• Harus username
• Password untuk Log In ke STUDENTSITE
• Memerlukan yang namanya AKTIVASI.
Setelah AKTIVASI, kita akan bisa menggunakan STUDENTSITE
Layanan aplikasi STUDENTSITE terdapat Fitur-fitur ,yaitu:
• Home
• Kontak
• help
• Faq
Fitur-fitur Locker :
general menu, Jadwal Ujian,Rangkuman Nilai, Jadwal Kuliah, BAAK News ,Absens,iPendaftaran Lomba,Info tentang Seminar ,Tugas, Deposit Library,Warta Warga, Blog komunitas perbankan, Blog komunitas linux, Blog komunitas fotografi, Blog komunitas robotika,Blog komunitas arsitektur,Blog komunitas ekonomi syariah,danBlog komunitas pasar modal. Dan lain-lain

Selain itu ada pula menu-menu lain yang terdapat pada STUDENTSITE, antara lain :
• Email, Calendar, Addressbook, InfoLog, Filemanajer, Forum, Bookmarks, Polls, dan logout.
Sementara itu Kelebihan dari Aplikasi Studentsite :
• Dapat diakses dimana saja
• Dapat mengetahui tentang informasi Universitas Gunadarma.
• Mempermudah kita untuk mengumpulkan tugas
Dan Kekurangan dari Aplikasi Studentsite :
• Sering Eror untuk melakukan aktifasi dan log in.

Demikianlah tulisan ini saya buat, semoga bermanfaat bagi kita semua. Maaf bila ada salah-salah kata dalam penulisan ini .
Terima kasih

Tugas Pengantar Bisnis Modern pemasaran

PEMASARAN

1. PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

Pengertian Pemasaran

Menurut William J. Stanton, pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa.

Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Perusahaan harus dapat menciptakan faedah (utility) bagi konsumen.Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan. Kegiatan pemasaran menciptakan empat faedah yaitu
* faedah waktu
* faedah tempat
* faedah milik
* faedah informasi.
Kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah :
* Produksi yang membuat barang-barang
* Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut

Konsep Pemasaran
Merupakan sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Pendekatan Studi Pemasaran
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan, yaitu :
- Pendekatan serba fungsi (functional approach)
- Pendekatan serba lembaga (institutional approach)
- Pendekatan serba barang (commodity approach)
- Pendekatan serba manajemen (managerial approach)
- Pendekatan serba sistem (total system approach)

Pendekatan Serba Fungsi
Adapun fungsi pokok pemasaran adalah penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, pembelanjaan, dan penanggungan risiko
* Penjualan
• Pembelian
• Pengangkutan
• Penyimpanan
• Pembelanjaan
• Penanggungan Risiko

Pendekatan Serba Lembaga
Pendekatan serba lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran. Lembaga tersebut adalah :
- Penyedia barang/supplier yang menyediakan bahan kepada produsen
- Produsen yang mengolah bahan menjadi barang jadi
- Perantara pedagang, seperti : pedagang besar dan pengecer
- Perantara agen, seperti : agen penunjuang (perusahaan angkutan, perusahaan penyimpanan) dan agen pelengkap (biro periklanan, lembaga keuangan)
- Perusahaan saingan
- Pembeli akhir

Pendekatan Serba Barang
Pendekatan serba barang atau disebut juga pendekatan organisasi industri, merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.

Pendekatan Serba Manajemen
Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik-beratkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.

Pendekatan Serba Sistem
Sumber pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran,barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh, dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.

2. STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
Sebagai salah satu fungsi pokok dalam perusahaan, pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaan

3. PASAR
Seperti yang dikemukakan oleh W.J. Stanton, pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.

4. MARKETING MIX DAN PRODUK

Pengertian Marketing Mix
Marketing mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.

Pengertian Barang
Barang/produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.

Penggolongan Barang menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongritan
Penggolongan ini menunjukkan berapa kali sebuah barang dapat digunakan, apakah sekali, dua kali, atau beberapa kali, atau sekian banyak kali. Selain itu, penggolongan tersebut juga menunjukkan kongkrit-tidaknya suatu barang, sehingga barang-barang dibagi ke dalam :
* barang tahan lama
* barang tidak tahan lama
* jasa.

Penggolongan Barang menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai
- Barang Konsumsi, adalah barang-barang yang dibeli untuk dikonsumsi.jadi pembeliannya adalah pembeli konsumen akhir,bukan pemakai industry karena barang tersebut dip roses lagi melainkan di pakai sendiri. Barang konsumsi dikelompokkan lagi menjadi tiga golongan, yaitu
* barang konvenien
* barang shopping
* barang spesial.
- Barang Industri, adalah barang-barang yang dibeli untuk diproses lagi atau kepentingan dalam industri, baik secara langsung atau tidak langsung dipakai proses produksi.

Siklus Kehidupan Barang (Product Life Cycle)
Siklus kehidupan barang ini terdiri atas lima tahap yang berbeda-beda seperti:
* tahap perkenalan
* tahap pertumbuhan
* tahap kedewasaan
* kejenuhan, serta
* tahap kemunduran.

Merk
Brand adalah suatu nama, istilah simbul, atau disain (rancangan), atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang-barang yang dihasilkan oleh pesaing.

5. SALURAN PEMASARAN

Pengertian Saluran Distribusi
Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri. Adapun lembaga-lembaga yang ikut mengambil bagian dalam penyaluran barang ini adalah : produsen, perantara, dan konsumen akhir atau pemakai industr

Alternatif Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Barang Industri
Untuk saluran distribusi barang konsumsi terdapat 5 saluran sedangkan untuk saluran distribusi barang industri hanya terdapat 4 saluran.

Saluran Distribusi Ganda
Ada beberapa masalah yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan saluran distribusi. Faktor-faktor tersebut antara lain :
* Jenis barang yang dipasarkan Produsen akan menghasilkan produknya
* Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
* Pasar yang dituju

Perantara Saluran
Dalam operasinya, perantara saluran melaksanakan berbagai macam fungsi pemasaran, seperti : penyimpanan, pengangkutan, dan sebagainya. Sering pula mereka terlibat dalam penanganan barang-barang dalam jumlah besar.

Pedagang Besar
Merupakan salah satu lembaga saluran yang penting, terutama untuk menyalurkan barang konsumsi.

Pengecer
Dalam pemasaran, pengecer (retailer) mempunyai peranan yang penting karena berhubungan secara langsung dengan konsumen akhir.

Agen
Adapun jenis-jenis agen adalah agen penjualan, agen pembelian, dan agen pengangkutan.

Jumlah Perantara dalam Saluran
Setelah produsen menentukan saluran distribusi yang akan dipakai, masalah yang dihadapi berikutnya adalah masalah penentuan jumlah perantara untuk ditempatkan sebagai perantara pada tingkat perdagangan besar dan/atau perdagangan eceran. Dalam hal ini, produsen mempunyai tiga alternatif yang dapat ditempuhnya, yaitu :
* distribusi intensif
* distribusi selektif
* distribusi eksklusif.

Distribusi Fisik
Istilah distribusi fisik dipakai untuk menggambarkan luasnya kegiatan pemindahan suatu barang ke tempat tertentu pada saat tertentu. Pada pokoknya, dua masalah penting yang terdapat dalam kegiatan distribusi fisik ini adalah pengangkutan dan penyimpanan.

6. PENENTUAN HARGA

Arti dan Pentingnya Harga
Harga adalah sejumlah uang (ditambahkan beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Harga
Dalam kenyataan, tingkat harga yang terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti :
* keadaan perekonomian
* penawaran dan permintaan
* elastisitas permintaan
* persaingan, biaya
* dan lain-lain

Metode-metode Penetapa Harga
Ada dua pendekatan pokok dalam penentuan harga jual, yaitu :
* pendekatan biaya
* serta pendekatan pasar atau persaingan.

Politik Penetapan Harga
Penetapan harga bagi perusahaan yang besar sering melibatkan beberapa manajer seperti : manajer produk, manajer penjualan, dan manajer lain. Beberapa politik penetapan harga adalah :
* penetapan harga psikhologis
* price lining
* potongan harga
* penetapan harga geografis.

7. PROMOSI DAN PERIKLANAN

Promosi
Promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu-arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Beberapa kegiatan yang ada dalam promosi ini pada umumnya ada yaitu :
* periklanan
* personal selling
* promosi penjualan
* serta publisitas

Periklanan
Periklanan adalah komunikasi non-individu, dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non-laba, serta individu-individu.
- Tujuan Periklanan
* Menjual atau meningkatkan penjualan barang dan jasa
* Mendukung program personal selling dan kegiatan promosi yang lain
* Mencapai orang-orang yang tidak dapat dicapai oleh salesman dalam jangka waktu tertentu
* dan Lain-lain
- Jenis Periklanan
Beberapa macam cara dalam periklanan dapatlah digolongkan atas dasar penggunaannya oleh pimpinan, karena perbedaan tersebut tergantung pada tujuan perusahaan dalam program periklanannya.
- Media Periklanan
Pemilihan jenis media yang akan digunakan merupakan salah satu keputusan penting bagi sponsor. Jenis-jenis media tersebut adalah
* surat kabar
* majalah
* radio
* televisi
* pos langsung
- Biro Periklanan
Biro periklanan (advertising agency) merupakan lembaga bisnis yang berdiri sendiri, yang mengkhususkan kegiatannya di bidang perencanaan, pengembangan, dan penempatan periklanan
bagi langganannya.

8. PERSONAL SELLING, PROMOSI PENJUALAN, DAN PUBLISITAS

Personal Selling
Interaksi antar individu, saling bertemu muka ynag ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai, atau mempertahankan hubunganpertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.
- Proses Personal Selling
* Persiapan sebelum penjualan
* Penentuan lokasi pembeli potensial
* Pendekatan pendahuluan
* dan lain-lain
- Jenis Tugas Penjualan dan Salesman
* Trade selling dan merchandising salesman
* Missionary selling dan detailman
* dan lain-lain

Promosi Penjualan
Promosi penjualan hanya merupakan satu kegiatan dalam promosi yang menggunakan alat-alat seperti :
* peragaan
* pameran
* demonstrasi
* hadiah, contoh barang

Publisitas
Hampir sama dengan periklanan, publisitas ini merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media.


NAMA : Sopyan Hakim
KELAS : 1EB17
NPM : 26210660

REFERENSI :
Buku PENGANTAR BISNIS MODERN
Edisi ketiga
Disusun oleh : DR. BASU SWASTHA DH., SE., MBA dan IBNU SUKOTJO W, SE
Penerbit : LIBERTY, YOGYAKARTA

Sabtu, 23 Oktober 2010

Tugas Pengantar Bisnis Modern

DISAIN DAN PERILAKU ORGANISASI

PENGERTIAN ORGANISASI
Apakah yang dimaksud organisasi
Menurut Boone dan kurtz, organisasi didefinisikan sebagai berikut :
Organisasi adalah suatu proses tersusun yang orang-orang nya berinteraksi untuk mencapai tujuan.

Organisasi Formal Dan Informal
Organisasi formal
Organisasi formal merupakan sistem tugas, hubungan wewenang, tanggung jawab, dan pertanggung jawaban yang di rancang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan.
Stuktur formal ini dibuat untuk meliputi pekerjaan yang harus di lakukan dan memberikan suatu kerangkabagi perilaku pekerjaan. Organisasi formal menawarkan bidang-bidang tetap (relatif) yang masing-masing orang bekerja pada bidang tanggung jawab nya sendiri.

Organisasi Informal
Organisasi Informal adalahsuatu jaringan hubungan pribadi dan sosial yang mungkin tidak dilakukan atas dasar hubungan wewenang formal.
Organisasi informal terjadi dalam suatu perusahaan karena ada nya interaksi manusia, dan orang akan selalu berinteraksi serta membentuk keakraban.
Komunikasi yang terjadi dalam organisai informal berjalan dengan cepat dari mulut ke mulut.sistem komunikasi ini di sebut sistem tanaman rambat. Informasi yang di smpaikan dapat berlebihan, kurang tepat, kurang percaya, atau dapat juga terpercaya.
Sentralisasi Vs Desentralisasi
Organisasi yang disentralisir
Sebuah perusahaan yang mengambil kebijakan menempatkan wewenang pengambilan keputusan utama dan pengendalian di tangan beberapa eksekutif puncak disebut organisasi manajemen yang disentralisir. Jadi organisasi manajemen yang disentralisir merupakan sebuah sistem yang wewenang serta pengaendaliaanyadipegang di suatu pusat, biasanya eksekutif puncak.
Organisasi yang didesentralisasi
Manajemen yang didesentralisasi merupakan suatu usaha sistematis untuk mendelegasikan kepada jenjang bawah semua wewenang kecuali yang harus dilaksanakan pada jenjang tertinggi.

STRUKTUR ORGANISASI DAN PENYUSUNANYA
Pembentukan Struktur Organisasi
Struktur organisasi formal didasarkan pada analisa dari tiga elemen kunci setiap organisasi yaitu :
1. Interaksi kemanusiaan
2. Kegiatan yang terarah ke tujuan
3. Struktur
Manajemen harus mengkoordinir kegiatan-kegiatan karyawan untuk mencapai tujuan organisasi.
*Hierarki tujuan
*Depermentlasi
*Wewenang dan tanggung jawab
*Menjamin komunikasi yang efektif
*Menghindari perrtumbuhan organisasi yang tidak perlu
Bentuk-bentuk Struktur Organisasi
Sebenar nya bentuk struktur organisasi ini bermacam-macam, tetapi pada poko nya ada empat yaitu : organisasi garis (line organization), organisasi garis dan staf (line and staf organization), organisasi fungsional (functional organization), komite(commite), dan organisasi matrik.
Organisasi garis
A. Kebaikan organisasi garis
*adanya kesatuan dalam pimpinan dan perintah
*pimpinan dapat lebih cepat dalam menganbil keputusan , sebab tidak perlu membicarakannya dengan orang lain.
* dan Lain-lain
B. keburukan organisasi garis
*sering terdapat birokrasi yang menghambat jalannya perusahaan
*kurang nya ker ja sama
*dan lain-lain
Organisasi Garis dan staf
A.kebaikan organisasi garis dan staf
*staf dapat mendidik para petugas
* pimpinan lebih leluasa dalam memberikan saran terhadap tugas khusus di luar bagiannya.
*dan lain-lan
B.keburukan organisasi garis dan staf
*dapat menimbulkan anggapan pada petugas untuk lebih percaya kepada staf dari pada atasannya
*staf dapat ikut disalahkan apabila saran yang diberikan tidak memperoleh hasil.
*dan lain-lain
Organisasi Fungsional
A.kebaikan organisasi fungsional
*masing=masing fungsi dapat dipegang oleh orang yang ahli dalam bidang nya, sehingga terdapat keserasian antar tugas dan keahliannya.
*tugas para manajer menjadi lebih ringan dengan ada nya pembagian fungsi.
*dan lain-lain
B.keburukan Organisasi Fungsional
* tidak ada hubungan garis secara langsung dengan atasan.
*kesulitan yang timbul tidak dapat secara cepat diatasi.
*kurang nya koordinasi sering menimbulkan perselisihan di antara para manajer.
*dan lain-lain
Organisasi Komite
A.kebaikan komite
*Menciptakan koordinasi yang lebih baik
*keputusan ditentukan bersama-sama sehinnga dapat memberikan hasil yang lebih baik.
*merupakansebuah forum untuk saling bertukar pendapat diantara beberapa anggota.
B.keburuka komite
*keharusan untuk berkompromi
*sering menimbulkan kesimpang siuran dalam organisasi
*dan lain-lain
Organisasi Matrik
A. Kebaikan matrik
*luwes
*memberikan alat inovasi tanpa mengganggu struktur organisasi yang ad.
*dan Lain-lain
B.keburukan matrik
*konflik dapat muncul antara manajer proyek dengan manajer bagian lain
*manajer proyek dapat menjumpai kesulitan dalam mengembangkan tim terpadu dari orang-orang yang berasal dari bagian yang berbeda.
*dan lain-lain

PERILAKU KEORGANISASIAN
Kelompok Kerja
Kelompok kerja yaitu merupakan sekumpulan karyawan yang secara bersama-sama mempunyai pekerjaan,serupa(umum) dan melihat diri mereka sebagai satu kelompok. Kelompok-kelompok tersebut akan tetap ada pada setiap peristiwa didalam organisasi karena mereka mengisi kebutuhan itu dapat berupa: 1. Kebutuhan berkomunikasi. 2.kebutuhan mempertahankan harga diri dan kepentingan ekonomi serta. 3.kebutuhan akan keamanan atau perlindungan.
Keanggotaan dalam berbagai kelompok akan bergantung pada banyak hal yaitu: 1. Keakraban satu sama lain.2.kepentingan bersama. 3. Pekerjaan seruap.4.persahabatan semua ini akan menjadi dasar untuk saling melengkapui bagi kelompok-kelompoknkerja.


Motivasi
Setiap orang pasti mempunyai motivasi sebagai alasan mengapa mereka berperilaku tertentu.dengan kata lain, motivasi meruapakan motif intern yang menybabkan orang berperilaku seperti yang mereka lakukan. Setiap orang dapat memiliki motif yang sangat nebeda untuk mengerjakan suatu yang sama.
Pekerjaan dan sikap jabatan
Oleh musselmah dan Jackson, kepuasan jabatan di pandang sebagai indicator yang bermanfaat bagi manejemen untuk menentukan apakah terdapat bidang-bidang masalah dalam angkatan kerja organisasi.kepuasan jabatan telah dikaitkan dengan perputaran dam absentiisme dalam angkatan kerja.moral merupakan sikap umum dari angkatan kerja dalam sebuah perusahaan terhadap jabatan mereka.sedangkan kepuasan jabatan merupakan istilah lain yang memberikan arti bayak tentang hal yang sama.
Kepemimpinan
Dalam perusahaan,kepemimpinan itu berkaitan dengan pengarahan kepada karyawan untuk melakukan pekerjaaan. Ini menjadi bagian penting dalam memahami perilaku kerja. Beberapa penelitian telah memperlihatakan bahwatidak ada “satu cara terbaik” untuk memimpin karyawan.ini bergantung pada pimpinannya,karyawan dan situasi yang ada.

REFERENSI:
PENGANTAR BISNIS MODERN
Oleh :
DR.BASU SWASTHA DH., SE ., MBA.
IBNU SUKOTJO W. SE.

NAMA : SOPYAN HAKIM
KELAS : 1EB17
NPM :26210660

Minggu, 17 Oktober 2010

tugas pengantar bisnis modern . MANAJEMEN UMUM

MANAJEMEN UMUM

PENGERTIAN MANAJEMEN UMUM
Arti dan fungsi manajement:
Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dari definisi tentang manajemen tersebut, dapatlah diambil kesimpulan bahwa manajemen mempunyai lima fungsi, yaitu:
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengarahan
4. Pengkoordinasian
5. Pengawasan
Jadi untuk mencapai tujuan harus ada kegiatan, dalam kegiatan-kegiatan yang sama disatukan didalam suatu wadah disebut fungsi.

LATAR BELAKANG SEJARAH MANAJEMEN
Gerakan Manajemen Ilmiah:
Frederick W, Taylor (1856-1915) merupakan salah seorang yang pertama kali mempelajari metode kerja.
Sejak pemunculan bukunya tahun 1911, taylor dikenal sebagai bapak dari gerakan manajemen ilmiah. Buku yang telah diterbitkan berjudul The Principles of Scientific Management.
Prinsip 1 : semua pekerjaan dapat diobservasi dan dianalisis guna menentukan satu cara terbaik untuk menyelesaikannya.
Prinsip 2 : orang yang tepat unuk memangku jabatan dapat dipilih dan dilatih secara ilmiah.
Prinsip 3 : kita dapat menjamin bahwa cara terbaik tersebut diikuti dengan mengkaiji pemegang jabatan edengan dasar insentif,yaitu menyamakan gaji dengan hasil kerjanya.
Prinsip 4 : menempatkan manajer dalam perancanaan,persiapan dan pemeriksaan pekerjaan.

SEKOLAH-SEKOLAH TENTANG PEMIKIRAN MANAJEMEN

Sekolah Klasik (classical school)
Banyak dari literatul klasik ditulis antara perang dunia I dengan perang dunia II.memberikan saran tentang funsi-fungsi manajemen primer,yaitu perencanaan,pengorganisasian,pengarahan dan pengendalian.

Sekolah Perilaku (behavioral school)
Sekolah perilaku yang juga disebut leadership, humanrelation,atau behavioral sciences school of manajemen, telah menjadi popular dalam tahun 1950 an.sekolah perilaku tersebut menarik beberapa disiplin seperti psikologi dan sosiologi sebagai bagian dari latar belakang pendidikan manajer.

Sekolah Ilmu Manajement (management science school)
Sekolah ilmu manajemen ini melibatkan matematik dan statistic.model fisik seperti yang dipakai dalam sebuah lowongan angin merupakan satu jenis midel.jenis yang lain adalah hubungan smatematis antara beberapa variable.


Analisis Sistem
System adalah suatu unit yang dibentuk dari dua atau lebih bagian-bagian independen yang berinteraksi untuk membentuk sebuah organism fungsi.analisis system merupakan metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah bisnis dengan mengidentifikasi bagian-bagian utama dari suatu masalah dan hubungan mereka.

Manajemen Hasil
MBO adalah suatu program untuk meningkatkan motivasi dan pengendalian karyawan.
MBO memutuskan perhatian pada hasil, bukan perilaku yang diperlihatkan oleh karyawan.

PERENCANAAN
Bentuk-bentuk Perencanaan.
A. Tujuan (objective)
Tujuan merupakan suatu sasaran dimana kegiatan itu di rahkan, dan diusahakan untuk sedapat mungkin dicapai dalam jangka waktu tertentu.
B. Kebijakan (policy)
Kebijakan adalah suatu pernyataaan atau pengertian untuk menyalurkan pokiran dalam mengambil keputusan terhadap tindakan-tindakan untuk mencapai tujuan. Karena kebijakan ini biasanya tidak tertulis, maka sering kali sulit unuk dipahami oleh para bawahan.
C. Strategi
Strategi merupakan tindakan penyesuaian dari rencana yang telah dibuat.perlunya diadakan penysuaian ini disebabkan oleh adanya berbagai macam reaksi.
D. Prosedur
Prrosedur merupakan rangkaian tindakan yang akan dilaksanakan untuk waktu mendatang.jadi prosedur ini lebih menitikberatkan pada suatu tindakan.
E.Aturan(rule)
Aturan adalah suatu tindakan yang spesifik dan merupakan bagian dari proseduer aturan-aturan yang saling berkaitan dapat dikelompokkan menjadi suatu golongan disebut prosedur.
F.Program
Program merupakan campuaran antara kebijakan prosedur, aturan dan pemberian tugas yang disertai dengan suatu anggaran.

Kegunaan Perencanaan
Dibandingkan dengan fungsi lain, perencanaa adalah sangat penting sebab merupakan funsi dasar bagi fungsi tersebut.adapun kegunaan dari pada perencanaan adalah :
A.Mengurangi ketidakpastian serta Perubahan pada waktu mendatang.
B.Mengarahkan perhatian pada tujuan.
C.Memperingan Biaya
D.Merupakan sarana untuk mangadakan pengawasan

Langkah-Langkah Penyusunan Perencanaan.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyusun suatu perencanaan adalah :
A.Menetapkan Tujuan
B.Menyusun Anggapan-anggapan(premising)
C.Menentukan berbagai alternative tindakan
D.Mengadakan penilaian terhadap Alternatif –alternatif tindakan yang sudah dipilih.
E.Mengambil Keputusan
F.Menyusun Rencana Pendukung.
Faktor-faktor yang membatasi Perencanaan
Adanya kelemahan ini disebabkan oleh beberapa factor yang mempunyai sifat membatasi perencanaan factor tersebut adalah:
A.Sulit nya mencari anggapan secara teliti
B.Perubahan yang sangat cepat
C.kelakuan Internal
D.Kekakuan Eksternal
E.Waktu dan Biaya

Pengambilan Keputusan
A.Syarat Pengambilan Keputusan
B.Alat Pengambilan Keputusan
PENGORGANISASIAN
Hubungan-hubungan yang terjadi didalam organisasi dapat berbentuk :
-hubungan informal
-hubungan formal
PENGARAHAN
Pengarahan merupakan aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat para bawahan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan tenaga nya secara efektif serta efisien untuk mencapai tujuan.
Pengarahan yang dilakukan oleh pimpinan harus berpegang pada beberapa prinsip yaitu :
A. Prinsip mengarah kepada tujuan
B. Prinsip keharmonisan dengan tujuan
C. Prinsip kesatuan komando
Cara pengarahan :
Adapun cara-cara pengarahan yang dilakukan dapat berupa.
A. Orientasi
B. Perintah
C. Delegasi wewenang
PENGKOORDINASIAN
Prinsip-prinsip koordinasi
Koordinasi antar bagian dan antar individu didalam organisasi akan dapat tercapai bila mana di ikuti dengan tiga prinsip :
A. Prinsip kontak langsung
B. Prinsip penekanan pada pentingnya koordinasi
C. Hubungan timbale balik diantara factor-faktor yang ada
PENGAWASAN
Langkah-langkah pengawasan:
Langkah langkah yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan adalah ;
A. Menciptakan standard
B. Membandingkan kegiatan yang dilakukan dengan standard
C. Melakukan tindakan koreksi
Syarat syarat pengawasan yang baik
Untuk menjalankan pengawasan dengan baik di perlukan beberapa syarat yakni :
A. Pengawasan harus mendukung sifat dan kebutuhan kegiatan (aktifitas)
B. Pengawasan harus melaporkan setiap penyimpangan yang terjadi dengan segera
C. Pengawasan harus mempunyai pandangan kedepan
D. Pengawasan harus objektif, teliti dan sesuai dengan standard yang digunakan
E. Pengawasan harus luwesatau fleksibel
F. Pengawasan harus serasi dengan pola organisasi
G. Pengawasan harus ekonimis
H. Pengawasan harus mudah dimengerti
I. Pengawasan harus diikuti dengan perbaikan koreksi

REFERENSI :
Buku pengantar bisnis modern.
Oleh :
DR.BASU SWASTHA DH. SE . MBA
IBNU SUKOTJO W. SE



NAMA :SOPYAN.HAKIM
KELAS : 1EB17
NPM : 26210660

Sabtu, 16 Oktober 2010

tugas makalah ilmu budaya dasar

TUGAS MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR


PERAN BUDAYA DAERAH MEMPERKOKOH KETAHANAN BUDAYA NASIONAL








PENYUSUN

NAMA : SOPYAN.HAKIM
KELAS : 1EB17
NPM : 26210660




UNIVERSITAS GUNADARMA




Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah

Peran budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional

Dateline makalah : 16 Oktober 2010
Tanggal penyerahan atau Upload makalah : 16 Oktober 2010

Pernyataan

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim/pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.


PENYUSUN
NPM NAMA LENGKAP TANDA TANGAN
26210660 SOPYAN.HAKIM






PROGRAM SARJANA EKONOMI AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA




KATA PENGANTAR
Segala puji kepada ALLAH S.W.T Berkat limpahan dan rahmat-Nya penyusun mampu menyelesaikan tugas makalah ini.

Dalam makalah ini penulis akan membahas Peran budaya Daerah Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional
Penulisan makalah adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar.
Semoga makalah ini bermanfaat untuk memberikan kontribusi kepada mahasiswa Dan tentunya makalah ini masih sangat jauh dari sempurna. Untuk itu penulis minta masukannya demi perbaikan pembuatan makalah di masa yang akan datang









DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………..…3
DAFTAR ISI………………………………………………………………………4
BAB.1. PENDAHULUAN
1.Latar Belakang……………………………………………………………………5
2.Tujuan……………………………………………………………………………5
3.Sasaran……………………………………………………………………………6
BAB.2.PERMASALAHAN
1.Kekuatan Peranan Budaya daerah………………………………………………7
2.Kelemahan Peranan Budaya daerah…………………………………………….8
3.Kesempatan Peranan Budaya daerah……………………………………………9
4.tantangan/hambatan Peranan Budaya daerah……………………………………10
BAB.3.PENUTUP
1.Kesimpulan……………………………………………………………………11
2.Rekomendasi…………………………………………………………………11






1. Latar Belakang
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Budaya juga merupakan identitas bangsa yang harus dihormati dan dijaga dengan baik oleh para penerus bangsa. Budaya lokal Indonesia beranekaragam sesuai dengan potensi yang dimiliki Indonesia sebagai negara majemuk yang terdiri dari banyak pulau, suku, dan sumber daya lainnya.
Hal ini menjadi satu kebanggaan sekaligus suatu tantangan bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat mempertahankan budaya daerah yang ada di tengah banyaknya pengaruh budaya asing yang dapat merusak budaya daerah.


2. TUJUAN
Tujuan untuk mempelajari budaya daerah yaitu untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang budaya daerah yang dimiliki oleh suatu negara khususnya dinegara Indonesia ini yang dengan budaya daerah , kekuatan, kelemahan, peluang, serta tantangan yang dihadapi dalam mempertahankan peran budaya daerah yang harus kita rawat dan kita jaga..
Karena budaya daerah itu sangat penting untuk kita jaga dan kita rawat sbaik mungkin agar tidak dilupakan dan agar kebudayaan daerah itu bisa di ingat oleh anak cucu kita nanti.
Dan adapun tujuan lain dalam memperkokoh suatu ketahanan budaya bangsa Indonesia bagi masyarakat yaitu untuk menambah rasa kecintaan budaya tanah nenek moyang kita terhadap negara Indonesia ini.

3.SASARAN
Dalam pembuatan makalah ini saya sebagai penulis mengharapkan agar para pemuda Negara Indonesia bisa lebih menyadari bahwa sangat pentingnya suatu kebudayaan daerah. Karena kebudayaan daerah itu sangat berperan penting dalam memajukan dan mengembangkan suatu Negara.tapi banyak generasi pemuda yang melupakan kebudayaan daerah.sehingga banyak yang melupakan kebudayaan daerah.seperti Sebagaimana yang kita ketahui yang sekarang ini banyak kebudayaan Indonesia yang di klaim oleh Negara lain,untuk itu kita sebagai warga Negara yang baik harus tetap menjaga dan memelihara kebudayaan Indonesia agar tetap bisa di ingat oleh anak cucu kita.













BAB II
PERMASALAHAN
Analisis permasalahan peran budaya daerah memperkokoh ketahanan budaya nasional dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :

1.kekuatan (strength)
a)Keanekaragaman

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya daerah yang dapat dijadikan sebagai aset yang tidak dapat disamakan dengan budaya negara lain. Budaya yang dimiliki Indonesia berbeda-beda pada setiap daerah. Tiap daerah memiliki ciri khas budayanya, seperti rumah adat, pakaian adat, tarian, alat musik, ataupun yang dianut.
b) Luas wilayah.
Indonesia memiliki wilayah geografis yang sangat luas karena Indonesia merupakan satu kesatuan dari lima pulau besar (Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Irian Jaya). Lima pulau tersebut terbagi atas berbagai provinsi, kota hingga bagian yang paling sederhana. Setiap provinsi memiliki budaya yang berbeda-beda karena adanya perbedaan lingkungan alam, sosial dan budaya yang berbeda-beda.


c) Sumber daya manusia.
Selain memiliki wilayah yang sangat luas, Indonesia juga padat penduduknya terutama di Pulau Jawa. Kebudayaan merupakan hasil karya manusia.yang Hanya manusia yang memiliki pola pikir inovatif dan kreatif saja yang mampu menghasilkan keanekaragaman budaya.

d) Budaya daerah sebagai pembentuk bangsa
Budaya daerah sangat berperan dalam membentuk nilai moral bangsa .karena budaya daerah yang dapat dijadikan sebagai aset yang tidak dapat disamakan dengan budaya karena budaya daerah adalah budaya yang sangat penting dalam pembentukan bangsa, terutama Negara Indonesia .

2. Kelemahan (weakness)
a) Sumber daya manusia.
Indonesia banyak memiliki penduduk yang sangat padat. tetapi, belum tentu negara yang padat penduduknya mampu menjaga kebudayaan yang dimiliki negaranya dan mampu menciptakan budaya yang inovatif dan positif.
b) Semakin tergerusnya budaya daerah di indonesia oleh ekspansi budaya global sehingga semakin tidak apresiatif terhadap budaya lokal dan terasing dari budaya sendiri.budaya global sangat cepat menyingkirkan budaya daerah.
c) kurangnya kepedulian masyarakat terhadap kesenian dan kebudayaan daerah dari masyarakat dan pemerintah menjadi faktor utama dan kendala dalam pelestarian kebudayaan agar tidak di klaim oleh pihak asing, oleh karena itu kita harus mempertahankan budaya daerah .
d) Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga budaya daerah, bahkan sekarang ini masih terbilang minim. Sehingga banyak budaya yang di klaim oleh Negara-negara lain.karena tidak terpedulinya masyarakat terhadap budaya daerah. Banyak budaya daerah Indonesia yang di klaim.




3. Peluang (opportunity)
a) Negara Indonesia dihormati di dunia Internasional karena kekuatan budayanya yang sangat kental. Karena Indonesia Negara yang banyak mempunyai keanekaragaman budaya daerah yang bermacam-macam.

b) Budaya daerah Indonesia sering kali menarik perhatian para turis mancanegara. Ini dapat dijadikan seabagai objek wisata sehingga akan menghasilkan devisa bagi Negara dan bahkan bisa memperkenalkan budaya daerah kepada turis asing untuk mengetahui nya lebih dalam tentang budaya daerah.

c) Perkembangan seni dan sastra yang lebih maju menjadi sebuah peluang untuk memperlihatkan atau mempertunjukkan kebudayaan Indonesia melalui internet sehingga banyak masyarakat di dunia yang mengetahui budaya daerah Negara Indonesia.

d) Perkembangan IPTEK dapat dijadikan peluang bagi bangsa Indonesia untuk memperkenalkan seluruh budaya daerah Negara Indonesia yang unik kepada negara asing. Jika perkembangan IPTEK dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, kebudayaan dapat dijadikan sebagai media mengalirnya valuta asing ke dalam pendapatan pemerintah dengan cara mengiklankannya di internet yang tidak perlu mengeluarkan dana yang besar.





4. Tantangan/Hambatan (threasts)
a. Tidak semua anak Indonesia dapat menikmati pendidikan. Hal demikian terjadi karena masih banyak masyarakat Indonesia yang ekonominya sangat rendah sehingga banyak anak-anak yang kurang memahami kebudayaan daerah.
b. Pada umumnya, mayarakat Indonesia terbagi atas tiga status sosial (strata), seperti strata atas, strata menengah dan strata bawah. Hal demikian membuktikan bahwa tingkat pemerataan hasil pembangunan masih timpang. Keadaan yang demikian merupakan tantangan bagi pemerintah Indonesia untuk memeratakan hasil pembangunan sehingga dalam proses penyebaran informasi tentang budaya lokal dapat berjalan dengan lancar.
c. Masuknya budaya asing ke Indonesia akan menjadi suatu hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah agar budaya daerah tidak terlupakan karena masuk nya budaya asing ke Indonesia.
d. masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang mudah sekali terpengaruh oleh masuknya budaya-budaya lain.sehingga dapat mempengaruhi kebudayaan daerah. Hal ini harus di perhatikan.









BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1. KESIMPULAN
1) Kebudayaan daerah merupakan kesenian tradisional yang dimiliki oleh setiap daerah,maupun suku yang ada di Indonesia dan Negara manapun.
2) pemberian motivasi terhadap para pemuda untuk ikut dalam memperkokoh ketahanan bangsa melalui kebudayaan daerah.agar para pemuda jaman sekarang tidak melupakan kebudayaan daerah Negara Indonesia .
3) Begitu banyak hasil kesenian tradisional bangsa Indonesia yang berpeluang untuk memperkokoh ketahanan bangsa indonesia
4) Kebudayaan daerah yang dimiliki Indonesia merupakan sebuah aset mahal dan berharga nilainnya yang tak terhingga. Oleh karena itu kita harus menjaga dengan sebaik mungkin agar tidak di klaim oleh Negara lain.
2.Rekomendasi
a) Perlu adanya perhatian yang besar terhadap budaya daerah yang kita miliki agar budaya daerah tidak hilang dan tetap terpelihara sebagai identitas suatu daerah tertentu.
b) Melibatkan dewan kebudayaan dan lembaga-lembaga budaya dalam mengembangkan budaya daerah dan masyarakat agar tetap tidak melupakan budaya daerah.
c) Melestarikan budaya daerah dengan aktif melakukan kegiatan penyelenggaraan kebudayaan dalam rangka mengenalkan lebih dekat kepada masyarakat tentang budaya-budaya.derah Melibatkan dewan kebudayaan dan lembaga-lembaga budaya dalam mengembangkan budaya daerah
d) Mengusahakan agar semua orang mampu mengelola dan menjaga keanekaragaman budaya daerah agar tidak terlupakan oleh generasi muda sekarang.
Referensi : www.google.com

Sabtu, 09 Oktober 2010

MANFAAT KOMPUTER

Pemanfaatan computer


Pada saat ini hampir di seluruh dunia semua orang tahu dan mengenal apa itu
computer ?
Computer adalah alat teknologi yang boleh di bilang alat teknologi yang canggih pada saat ini.karena pada zaman sekarang computer bisa digunakan untuk semua orang. Baik anak-anak kecil maupun orang tua. Bahkan computer zaman sekarang bisa di bawa pergi untuk beraktifitas atau yang sering kita sebut dengan LAPTOP. computer mempunyai fungsi dan dan banyak manfaat.. tergantung dari kita memakainya.

bahkan Saat ini para manajer, para pendidik, para pejabat, para peneliti dan masyarakat luas internasional telah banyak mempergunakan komputer dalam kehidupan sehari-harinya sebagai alat bantu yang sangat berguna. Dengan demikian komputer sudah merupakan peralatan bagi kebutuhan masyarakat.

Saya disini akan membahas manfaat konputer . manfaat computer dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan sangat membantu kita dalam menjalankan pekerjaan-pekerjaan kita dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh nya :
• membantu alat tulis
• bermain game
• menggambar
• mengerjakan tugas
• bisa mengedit foto
• memutar musik
• dan internet dan Lain-Lain

Itulah sepenggal penjelasan tentang manfaat computer. Dapat disimpulkan dari data di atas bahwa computer adalah sebuah alat teknologi yang mudah digunakan dan multi fungsi yang sangat kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari


NAMA :SOPYAN.HAKIM
KELAS :1EB17
NPM :26210660

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN

Tugas pengantar bisnis bab 2

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN

Kondisi bisnis banayak berpengaruh pada pada kehidupa kita. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan mempunyai beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia.
Istilah tanggung jawab sosial menunjukan pertimbangan manajemen tentang pengaruh sosial disamping juga pengaruuh ekonomi dari keputusan-keputusan nya.

Pengertian Lingkungan Perusahaan
Linghkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktr ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti lingkungan secara luas mencakup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu,perusahaan, dan masyarakat.

Perusahaan dalam Masyarakat yang pluralistik
Masyarakat pluralistic adalah kombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan. Dalam hal ini, pluralisme mencerminkan usaha manusia untuk mempertahankan kebutuhan dan kepentingan dari berbagai organisasi.

Kesan Negatif Tentang Perusahaan
Kritik terhadap perusahaan tidak hanya terbatas pada pertimbangan ekonomi,moral,etik dan politiksaja.tetapi juga menyangkutlingkungan fisik. Polusi udara juga meningkat,

Usaha-usaha untuk memperbaiki kesan negative
Untuk memperbaiki adanya kesa-kesan negative dari masyarakat terhadap perusahaan,tentunya perusahaan tidak menciptakan masalah yang negative serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat (humas) yang efektif. Kegiatan humas yang baik harus dapat menciptakan komunikasi dua arah yang serasi antara perusahaaan dengan pemerintah dan masyarakat, bukannya hanya berproganda saja.

LINGKUNGAN FISIK,ENERGI DAN KONSERVASI
Dari masalah-masalah ekonomi dan sosial, salah satu masalah yang sangat sulit diatasi dan memerlukan biaya besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik. Di beberapa Indonesia, seperti jakartadan Surabaya.
Dampaknya dapat dirasakan dalam jangka waktu lama karena munculnya penyakit-penyaakit yang diakibatkan oleh pencemaran tersebut.

EKOLOGI
Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Kualitas lingkungan kita sudah semakin menurun. Hal ini terutama disebabkan oleh kombinasi dari tiga faktor :
1. semakin meningkat nya konsentrasi penduduk
2. perkembangan teknologi baru
3. semakin meningkat nya kemakmuran ekonomi

Macam-macam Polusi
Polusi merupakan pengrusakan lingkungan alam diman kita hidup dan bekerja.

Pencemaran Udara
Polusi udara ini menimbulkan dampak negative yang biasanya di kaitkan dengan penyakit jantung dan pernapasan. Tetapi, dapat diduga bahwa pencemaran udara seperti ini berpengaruh negative pada kesehatan badan setiap orang.

Pencemaran Air
Cukup banyak kasus pencemaran air di Indonesia yang berasal dari berbagai macam sumber, seperti lingkungan industri, pemukiman,dan lingkungan pertanian. Penggunaan pupuk yang mempunyai kandungan nitrat cukup banyak dapat menyebabkan polusi air baik dipermukaan maupun di bawah tanah.

Pencemaran Sampah Awet
Hal-hal yang berkaitan dengan sampah awet akan selalu menjadi persoalan.
Sering smapah awet, sperti kaleng bekas,botol,karet dan plastic,sulit mendapatkan pembuangan ditanam pun tidak lekas larut dalam tanah.
Di Indonesia data tentang sampah awet ini belum tersedia sehingga tidak kita ketahui volumenya.

Energi Dan konsentrasi
Di Indonesia sumber energi minyak bumi sudah lama di gunakan di smping batu bara dan air.
Namun demikian orang tetap melakukan penghematan energi yang kenyataannya dapat menghemat pengeluaran cukup banyak. Untuk jangka panjang penhematan seperti ini juga akan berpengaruh pada kelestarian sumber-sumber yang ada.

LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN PERPANJANGAN

Alasan-alasan bagi meningkat nya pengeluaran Pemerintah
Di kota-kota besar seperti Jakarta,Surabaya dan sebagainya telah mengalamiproses urbanisasi dengan pesat.
Untuk meningkatkan fasilitas pelayanan kepada masyarakat pemerintah telah membangun taman bagi keperluanrekreasi,perpustakaan,museum dan pusat-pusat rekreasi serta kebudayaan yang lain.

Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
Apabila pengeluaran pemerintah lebih besar dari penghasilan nya, maka akan terjadi defisit. Jumlah uang dipinjam dengan cara ini disebut utang Negara.
Ada beberapa macam pajak yang dikenakan oleh pemerintah antara lain:
A. pajak tidak langsung
B. pajak langsung

secara keseluruhan penerimaan pemerintah dapat diperoleh dari:
• penerimaan dalam negeri
• penerimaan pembangunan
sedangkan seluruh pengeluaran pemerintah dikelompokkan ke dalam:
• pengeluaran rutin
• pengeluaran pembangunan

LINGKUNGAN HUKUM
Hukum public yang ada di Indonesia dapat di kelompokkan ke dalam :
(1) hukum public
(2) hukum privat.

LINGKUNGAN PEMERINTAH
• Perhatian Pemerintah terhadap kegiatan usaha
Keuntungan ekonomi juga merupakan alas an bagi pemerintah untuk memberikan bantuan, disamping alasan keamanan dan alasan ini.

A.bantuan di bidang Transportasi
Tidak sedikit bantuan pemerintah di bidang transportasi. Hampir di setiap faktor pengangkutan, pemerintah banyak memegang peranan .

B,Bantuan pada perusahaan perusahaan kecil
Bantuan kepada perusahaan kecil dapat di golongkan ke dalam tiga golongan yaitu:
• bantuan financial
• bantuan pemberian kontrak
• bantuan teknik dan manajemen

C.bantuan di bidang komunikasi
Bidang komunikasi meliputi kegiatan siaran radio,televise,telepon,dan sebagainya hampir seluruhnya dikuasai dan di atur oleh pemerintah.



LINGKUNGAN INTERNASIONAL
Lingkungan internasional ini merupakan suatu konsep keseluruahn yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia.

*Neraca Pembayaran Internasional
Keadaan perekonomian internasinal beberapa Negara ditunjukkan dalam neraca pembayaran.
*perusahaan multinasional (multinational corporation)
Perusahaan multi nasional kebanyakan barasal dri Negara eropa,amerika dan jepang.
*kegiatan multinational
Perusahaan multinational bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya ke satu Negara saja,tetapi juga ke Negara lain.
*ciri-ciri Perusahaan Multinational
PBB dalam laporan tahun 1973 mendefinisikan perusahaan multinational sebagai suatu perusahaan yang kegiatan pokok nya meliputi usaha pengolahan/manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikit nya dua Negara.
*Kebaikan dan keburukan Perusahaan Multinational
Berikut ini diuraikan kebaikan dan keburukan didirikan nya perusahaan multinational bagi Negara pngundang, terutama Negara sudah berkembang.
A.kebaikan Perusahaan Multinational
*menambah devisa Negara
*mengurangi kebutuhan devisa DLL.
B.Keburukan perusahaan multinational.
*makin banyak nya perusahaan multinational DLL.
*Lembaga-lembaga yang membantu Perdagangan International
Untuk menjual barang ke luar negeri barang dari luar negeri di butuhkan adanya lembaga perantara. Perantara ini disebut middlemen, di bedakan ke dalam empat golonga.
A. Export and Import Commision House
B. Merchant Expoters and importers
C. Manufactures Export Agents
D. Export and Import Brokers.

*Perkembangan impor dan ekspor Indonesia
Barang yang termasuk kategori bukan minya dikelompokkan lagi menjadi.
A,golongan barang utama: kayu,karet,timah dan minyak DLL.
B.golongan barang lain : kopra,barang tambang,bahan makanan DLL.

Impor yang dilakukan oleh Indonesia selama meliputi tiga macam gaolongan barang :
A.barang konsumsi: beras,tepungterigu,tekstil DLL.
B.Bahan baku dan penolong: cengkeh,bahan kimia DLL.
C.Barang Modal: mesin ,Generator listrik DLL

REFERENSI :
Buku PENGANTAR BISNIS MODERN
Edisi ketiga
Disusun oleh : DR. BASU SWASTHA DH., SE., MBA dan IBNU SUKOTJO W, SE
Penerbit : LIBERTY, YOGYAKARTA

NAMA : SOPYAN.HAKIM
KELAS : 1EB17
NPM :26210660